Subscribe:

Senin, 15 Februari 2016

Panduan SIMPATIKA V 1.2


Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama terus melakukan perbaikan manajemen data terhadap guru binaan Kementerian Agama. Salah satunya dengan meluncurkan Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama (SIMPATIKA). SIMPATIKA ini dibuat dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan juga pihak Telkom. SIMPATIKA bisa diakses melalui http://simpatika.kemenag.go.id/



Data guru yang sangat dinamis setiap semester menuntut tersediannya sistem manajemen informasi yang canggih dan mudah diperbaharui. Dengan sistem manajemen informasi tersebut, data guru yang valid bisa dijadikan dasar untuk perencanaan program-program peningkatan mutu yang terkait dengan pendidik dan tenaga kependidikan, misalnya sertifikasi guru, tunjangan profesi guru, pelatihan-pelatihan untuk guru dan juga beasiswa untuk guru. Dirjen Pendis berharap SIMPATIKA ini bisa membantu menyelesaikan berbagai masalah tentang pendidik dan tenaga kependidikan. 

SIMPATIKA yang berbasis sistem transaksi “real time” online dan self services technology ini dinilai sangat stretegis untuk memperoleh data PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang valid dengan pola verifikasi dan validasi berjenjang melalui admin/operator yang ditetapkan oleh pimpinan satker/PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) di tingkat Kanwil Provinsi, Kankemenag Kota/Kabupaten, Madrasah Negeri hingga ke end user (PTK yang bersangkutan).

SIMPATIKA hadir untuk membangun kebijakan/regulasi berbasis data yang akurat, uptodate dan akuntable. Dalam implementasinya, SIMPATIKA akan senantiasa bersinergi sekaligus sebagai supporting partner dengan sistem EMIS. (*)

Berikut kami hadirkan Panduan SIMPATIKA V 1.2 yang diluncurkan oleh situs simpatika.kemenag.go.id

0 komentar:

Link Banner

EMIS ONLINE
KIP-BSM
SIMPATIKA
SDM-PDSP
SATU LAYANAN