Subscribe:

Kamis, 17 Maret 2016

Kurangnya Fasilitas Pendidikan di Daerah Terpencil


Pendidikan adalah yang penting bagi kita untuk menjalani kehidupan. Dengan pendidikan Kita bisa mendapatkan banyak informasi dan ilmu yang bermanfaat seperti pendidikan kedisiplinan, moral, agama, social, dll. Membahas pendidikan di Indonesia tidak akan ada habisnya. Tetapi disini kita akan membahas masalah mengenai kualitas pendidikan yang redah di daerah terpencil. Banyak masalah yang sering muncul di daerah terpencil sehingga menghambat proses pendidikan seperti kurangnya fasilitas. Fasilitas tersebut berupa gedung sekolah, alat-alat sekolah yang sangatlah dibutuhkan. Mungkin kita sering melihat dengan gedung sekolah di kota-kota besar yang sangat megah dengan fasilitas yang lengkap untuk menunjang kegiatan belajar. Tetapi hal itu sangat berbeda ketika kita mengetahui keadaan sebenarnya di daerah yang terpencil yang cenderung tidak memiliki fasilitas yang memadai dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Kasus ini sangatlah wajar terjadi di Indonesia, terutama di daerah perbatasan di Indonesia. Gubug sederhana yang dijadikan gedung sekolah tidak dapat memberikan fasilitas yang cukup seperti sekolah-sekolah lainnya. Sedangkan, pembanguan gedung sekolah di perkotaan semakin meningkat seiring dengan adanya BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Tetapi, perhatian pemerintah melalui dana BOS tersebut kurang dirasakan oleh mereka yang berada di daerah terpencil. Selain, fasilitas yang tidak memadai. Kualitas yang cenderung rendah adalah salah alasan kenapa pendidikan di daerah yang terpencil tertinggal dari daerah lain.

Masalah mengenai pendidikan seharusnya dilaksanakan satu per satu. Fasilitas Pendidikan di Daerah Terpencil, staf pengajar dan lain-lain harus dibenahi dengan cara yang menyeluruh. Tidak hanya fokus pada kenaikan pada anggaran saja, tetapi seluruhnya harus diberi perhatian. Karena, jika anggaran naik tetapi pembenahan tidak terlaksana akan percuma dan akan menimbulkan banyak masalah. Sekolah harus memberikan fasilitas belajar yang baik supaya siswa merasa senang dan nyaman di dalam proses belajar mengajar. Selain itu fasilitas belajar yang lengkap akan berguna bagi siswa untuk melatih kemandirian mereka dalam mendapat tambahan bahan ajar selain dari guru ataupun buku. Siswa juga dapat mengembangkan kreativitas mereka melalui fasilitas belajar yang ada di sekolah agar mereka menjadi pribadi yang inofatif dan kreatif.

Oleh karena itu sekolah di Indonesia seharusnya memiliki fasilitas yang baik dan memadai. Hal ini tidak akan dapat terelasiasi jika pemerintah tidak turun tangan dalam pemerataan fasilitas belajar bagi semua daerah termasuk daerah terpencil. Sarana dan prasarana yang baik dan memadai sangatlah penting bagi siswa dalam mengembangkan kreativitas mereka, hal itu akan membantu siswa dalam menghasilkan prestasi tidak hanya di kancah Nasional tapi juga Internasional. Demikianlah uraian tentang Fasilitas Pendidikan di Daerah Terpencil



0 komentar:

Link Banner

EMIS ONLINE