Subscribe:

Selasa, 08 Maret 2016

Gerhana Matahari Total di Indonesia 2016

Besok Rabu, 9 Maret, penduduk di beberapa bagian Australia dan Asia Tenggara akan dapat menyaksikan gerhana matahari total ini. Fenomena ini juga akan dapat terlihat di Hawaii, pada garis tanggal internasional sebelah timur, di mana penanggalan masih akan menunjukkan hari Selasa, 8 Maret. Bagi mereka yang berada di wilayah yang lebih jauh ke barat atau timur di Eropa dan Amerika, hari sudah akan malam, sehingga matahari tidak akan terlihat.

Inilah yang perlu Anda ketahui:

Apa yang dimaksud dengan gerhana matahari?

Gerhana matahari terjadi ketika Bulan melintas langsung di antara Bumi dan Matahari, menyebabkan bayangan jatuh menimpa Bumi. Ini hanya dapat terjadi pada fase bulan baru - ketika sisi gelap bulan menghadap ke Bumi.
Sebaliknya, gerhana bulan terjadi ketika Bumi melintas di antara Matahari dan Bulan, menyebabkan bayangan menutupi bulan purnama.

Di mana dan kapan melihat gerhana?

Grafik yang dibuat oleh NASA berikut ini akan menunjukkan di mana Anda dapat melihat pemandangan gerhana yang terbaik.

Karena Bumi berputar, maka tempat terbaik untuk melihat gerhana adalah di sepanjang zona biru pusat. Jika Anda cukup beruntung untuk berada di zona tersebut – yang sebagian besar terbentang di Indonesia – maka Anda akan dapat menyaksikan matahari tertutup seluruhnya oleh bulan.

Jika Anda berada jauh di sebelah utara atau selatan dari titik tersebut, Anda hanya akan dapat melihat gerhana sebagian. Misalnya, penduduk di Darwin di Australia Utara akan dapat melihat 60% dari matahari yang tertutup oleh bulan. Dan orang-orang di Perth di wilayah selatan akan dapat melihat 10% dari matahari yang terhalang.

Di sebelah utara, orang-orang di Vietnam selatan dan Thailand akan melihat 60% gerhana, sedangkan sebagian besar orang di Jepang dapat melihat 20% dari gerhana.

Jika Anda bingung dengan waktu (dan tanggal) yang ditampilkan pada grafik tersebut, jangan khawatir – gerhana tidak akan terjadi pada tengah malam. Waktu yang digunakan adalah waktu Universal, yang sama dengan Waktu Greenwich. 

Berikut adalah waktunya :
Palembang, Sumatra: 07.21
Jakarta (parsial gerhana matahari): 07.21
Palu, Sulawesi: 08.38
Ternate, Malaku: 09.53

Gerhana total waktu menonton akan satu jam kedua sisi kali tersebut.

Hal yang terpenting..

Jangan melihat langsung ke matahari.

Gerhana ini sendiri dapat dilihat secara aman dengan mata telanjang hanya dalam waktu beberapa detik saja, dan hanya jika Anda berada di lokasi di mana matahari benar-benar tertutup seluruhnya oleh bulan.

Melihat secercah saja sinar matahari pada saat terjadi gerhana dapat mengakibatkan kerusakan mata permanen atau kebutaan.

Dan kacamata hitam Anda pun tidak akan membantu. Baca terus untuk mengetahui cara paling aman menyaksikan gerhana.

Cara menyaksikan gerhana

Seperti yang telah kami peringatkan di atas: jangan melihat langsung ke arah matahari. Meski begitu, ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk melihat matahari dengan aman. Anda dapat membeli “kaca mata tukang las nomor 14” dari toko peralatan las atau dari beberapa toko perkakas lainnya. Anda juga dapat menggunakan mylar beraluminium yang dapat dipotong dengan gunting.

Seberapa sering gerhana matahari terjadi?

Gerhana matahari dapat terjadi hingga lima kali dalam setahun, meskipun fenomena ini cukup langka. NASA menyimpan daftar gerhana yang telah lalu dan gerhana yang akan datang, dan menurut mereka, dalam 5.000 tahun terakhir hanya ada 25 tahun yang memiliki lima gerhana matahari.

Setiap gerhana dapat dilihat dari lokasi yang berbeda-beda. Misalnya, pada tahun 2015 gerhana matahari total dapat dilihat dari Inggris, tetapi orang-orang di Inggris tidak akan dapat melihat yang berikutnya lagi sampai tahun 2090.

Sumber : https://www.theguardian.com/

0 komentar:

Link Banner

EMIS ONLINE